Sabtu, 21 Agustus 2010

Sekilas tentang alergi (nya va')

Begitu bayi kita lahir...kebayang betapa senangnya kita melihat kulit mulusnya,tawanya yang ceria,tangannya yang imut..
Setiap hari,hari-hari kita penuh dengan celoteh riangnya...
Tapi suatu hari,kita melihat ada perubahan di kulitnya..Pipi nya yang merah merona kok tiba-tiba jadi memerah dan beruntusan..makin lama makin parah pula..

Paniklah kita!!!
Browsing..searching..tanya sana sini... Ada yang bilang kena ASI,jadi kulitnya panas..ada yang bilang kita kurang bersih mandiin...Beserta 1001 saran lainnya...
Tapi karena kita terlalu sibuk ke dokter..jadi lupa seharusnya langkah paling tepat adalah kita SEGERA membawa bayi kita ke dokter..
Jujur aku termasuk telat bawa Va' ke dokter waktu aku menyadari perubahan di pipinya..Jadinya udah parah banget..Va' juga mulai ngerasa terganggu..mungkin ia merasa panas dan gatel di pipi nya..kasian lah pokoknya..
Akhirnya setelah 1 minggu pipi va' ga ada perubahan (malah tambah parah)..aku bawa Va' ke dokter..

Ternyata saudara..saudara...Va' alergi...kata dokter si alergi susu sapi..
Memang si 1 bulan pertama kelahirannya,Va' belum full asi..masih campur sufor..ini karena eyangnya bandel..kalau lagi sama eyangnya,Va' suka dikasih sufor..padahal ASI ku banyak dan berlimpah...(hikkksss, tapi sudahlah yang penting sekarang Va' sudah full ASi)

Saran dari dokter (selain pemberian salep untuk iritasi kulit Va') adalah :
- Mengganti sufor yang HA (hypo-allergenic)
- Aku menghindari kacang-kacangan, telur,ikan,seafood,dll
- Menjaga kebersihan kamar,terutama debu

Ini foto Va' waktu pipinya lagi parah...selain bruntusan..juga kerasa panas.
Awalnya kaya jerawat kecil-kecil..tapi lama-lama jadi banyak banget, dan ada bagian yang menghitam



Setelah mengganti susu dan rutin diberi salep (tipis-tipis ya tapinya,karena salep nya termasuk keras untuk kulit bayi,waktu aku ngasihnya kebanyakan kulit Va' waktu sudah sembuh agak berbecak putih gitu-jadi ga rata) syukurlah akhirnya lama-kelamaan kulit Va' mulus lagi

Tapi memang dasar aku nya bandel...kesini-sininya alergi Va' sering kambuh..tapi setidaknya kali ini aku sudah tau tindakan yang harus dilakukan,jadi biasanya 2-3 hari sudah sembuh lagi

Oya..selain kulit bruntusan...Va' pernah juga bisulan hampir 1,5 bulan lamanya..Keluarnya di kepala dan dada..ini lagi-lagi menurut dokter akibat susu sapi,padhal udah Ha(yang bisul ini dikasih puyer sama dokter,aduhh sedih de,anak 1,5 bulan dikasih puyer,Va' sampai muntah karena keseleg puyer yang pait rasanya,breaks my heart banget waktu itu..)

Melihat anak kita alergi..memang menyedihkan..ga jarang kita berfikir,kok masih bayi harus alergi gini..
Tapi menurut data (yang banyak bertebaran di internet) memang 20-30% bayi beresiko terkena alergi,jika orangtua atau saudaranya juga memiliki kecenderungan alergi angka ini dapat meningkat..
Tapi....(syukulah tetep ada tapinya),biasanya alergi pada bayi akan menghilang setelah umur 3 tahun..
Selama itu,kita bisa menghindari (setidaknya mengurangi) faktor-faktor yang dapat mencetus alergi timbul...rajin membaca info-info dan konsultasi (bisa cari "aksi sadar alergi" di internet) dan kalau alergi yang ada sudah menimbulkan efek samping kepada anak kita,segera bawa ke dokter sebelum menjadi semakin parah
(salah satu penyesalanku karena agak terlambat membawa Va' ke dokter)

0 komentar:

Posting Komentar